Langsung ke konten utama

Android Shared 3 : Memulai Belajar XML Untuk Membuat Layout

Assalamu'alaikum wr wb

Pagi-pagi semangat ngeblog lagi menggebu-gebu , padahal semalem sempet agak panas dingin nie badan, dengan ditemani secangkir saya akan meneruskan post Android shared berikutnya. Eh lagi asik-asiknya si ayang tlp , jadi kepending deh nge-blognya sampak siang . Anyway langsung aja lah dari pada jadi bahan gosipan . Melanjutkan Shared 2, disini saya akan membahas tentang XML untuk membuat tampilan dari aplikasi andorid. Sebagai salah satu OOP, android juga memiliki objek-objek seperti kebanyakan OOP. Sebagai contoh, ini objek yang ada di pallete form widget di eclipse.


Dari banyaknya objek-objek di atas, yang umum sering di gunakan yaitu :
TextView digunakan untuk membuat label / tulisan
Button digunakan sebagai tombol untuk mengeksekusi perintah
CheckBox digunakan untuk suatu pilihan/lebih dari 1 option, yang mana pilihan tersebut bisa dipilih lebih dari 1 atau dipilih semua pada 1 Question.
RadioButton hampir mirip dengan CheckBox, tetapi RadioButton hanya bisa memilih 1 walaupun pilihannya ada banyak pada 1 Question.
EditText digunakan untuk media inputan, baik berupa huruf atau angka.

Setiap objek dalam OOP pasti mempunyai Properties, begitu juga dengan ini. Di eclipse tampilan propertiesnya seperti :




Jika belum ada bisa di tampilkan dengan klik Windows->Show view->Other

selanjutnya akan tampil

dan pilih properties lalu klik OK.

Jika kita membuat objek dengan drag n drop ( lewat jendela graphical layout ) maka secara otomatis properties yang terbentuk adalah
text, adalah value atau kata yang akan ditampilkan dilayar
id, adalah nama dari objek
layout_width, adalah tata letak objek berdasarkan lebarnya
layout_height, adalah tata letak objek berdasarkan tingginya.

Contoh : sekarang kita buat objek textview, edittext, button ( lewat jendela graphical layout ) propertiesnya kita biarkan default, dan buka jendela XML maka tanpilannya seperti :

dikotak yang berwarna merah itulah code xml dari ke-3 objek yang kita buat tadi. Tapi jika kita ingin langsung lewat jendela xml nya anda bisa mulai ketik tanda < ( panah merah gambar bawah ) dan tekan Ctrl+Space pada keyboard, maka tampil seperti gambar :

anda bisa memilih objeknya dengan scroll kebawah ( panah biru ). Tetapi jika sudah hafal nama objeknya langsung ditulis setelah tanda <, misal : <Button , lalu tekan Ctrl + Space. ctt: (eclipse termasuk case sensitive dan huruf besar kecil di perhatikan, untuk objek diawali huruf besar ). dan klik objek yang akan anda buat. selanjutnya tekan Enter. Lalu anda bisa tekan Ctrl+Space lagi maka akan mucul  jendela seperti :


Anda tinggal pilih properti mana yang akan dibuat, tulisannya diawali kata android : . Yang pasti properties default seperti text, layout_width dan layout_height dipilih smua. misal saya memilih android:layout_width lalu saya pilih (di klik atau di enter), setelah itu tekan tombol = di keyboard maka akan muncul otomatis pilihan seperti gambar :


dan pilih salah satunya. Setelah properties-properties yang akan anda rubah sudah semua(min text, layout_width dan layout_height) maka tutup kode dengan dengan simbol />.
Sekian dulu share kali ini, di shared berikutnya akan kita bahas lebih mendalam.

wassalam

Komentar

Posting Komentar

Komen ya :D

Postingan populer dari blog ini

Android Shared 4 : Design Layout Android dan Background

Assallamu'alaikum wr wb Men- design layout untuk aplikasi berbasis mobile sedikit berbeda dengan aplikasi berbasis desktop . Di aplikasi desktop kita lebih leluasa dalam menempatkan objek-objek nya sedangkan untuk membuat aplikasi berbasis mobile kita sedikit terbatasi. Tapi itu tidak jadi masalah karena memang demikian adanya .  Meneruskan share sebelumnya, disini kita akan membahas lebih mendalam tentang bagaimana menyusun objek, mengatur properti dan kita akan mencoba menambahkan background . Langsung saja pada main.xml layout, kita pilih code nya, maka aka ada tampilan seperti dibawah: Kita bahas satu persatu. Pada panah merah ( LinearLayout ) itu merupakan code untuk alas atau dasar atau istilahnya canvas tempat kita mau melukis. Untuk tipe/model dari kanvas ini anda bisa melihat pada main.xml layout pilih Graphical Layout seperti  ditunjukkan kotak merah  pada gambar dibawah  :

Mencari Bilangan Prima dengan C++

Assallamu'alaikum wr wb Dalam matematika, bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari 1, yang faktor pembaginya adalah 1 dan bilangan itu sendiri. 2 dan 3 adalah bilangan prima. 4 bukan bilangan prima karena 4 bisa dibagi 2. Sepuluh bilangan prima yang pertama adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23 dan 29.Jika suatu bilangan yang lebih besar dari satu bukan bilangan prima, maka bilangan itu disebut bilangan komposit. Cara paling sederhana untuk menentukan bilangan prima yang lebih kecil dari bilangan tertentu adalah dengan menggunakan saringan Eratosthenes ( wikipedia ). Disini saya akan berbagi untuk menghitung / menampilkan bilangan primatanpa menggunakan saringan Eratosthenes tapi berdasarkan dari inputan awal dan inputan akhir. Maksudnya kita menentukan batas awal dan akhir dari suatu bilangan, dan outputnya bilangan prima di antara batas-batas tersebut. Berikut source code Mencari Bilangan Prima dengan C++ nya :