Langsung ke konten utama

Android Shared 2a : Setting Project dan Pengenalan komponen Dasar

Assalamu'alaikum wr wb

Menyambung dari shared 1, di shared kali ini saya akan menjelaskan bagaimana memulai dan mengenal komponen dari eclipse dalam membuat aplikasi android ini. oke langsung aja buka eclipse anda dan pastikan semua sudah teristal dengan baik, jika belum liat sini.

kita memulai  dengan klik  File>New>Android Project maka akan tampil form seperti gambar dibawah


dari form diatas yang akan kita setting sbb:

Project name, adalah nama project yang akan kita buat tidak boleh kosong

Build Target, adalah platform yang akan digunakan, saya memilih Android 2.3.3 dengan API Level 10



Application name, adalah nama aplikasi yang dibuat dalam project ini,nama bebas dan boleh kosong
package name, Namespsae dari paket yang kita buat, ini harus jadi namespace java dengan lebih dari 2 komponen(kata),dan biasanya dimulai dengan kata com. atau org.
Create Activity, nama dari activity class yang akan dibuat
Min SDK Version ,samakan dengan API Level yang dipilih dari Build Target, dari kasus ini API Level yang digunakan 10, jadi isi dengan 10. seperti tampak pada gambar

dan diakhiri dengan tombol

Pengenalan Package Explorer(letaknya sebelah kri anda). Nah disini letak file-file yang akan kita oprek-oprek .

Jangan kaget dulu ngliat begitu banyaknya folder dan file, soalnya yang akan kita oprek-oprek ada 3, yaitu :

folder src tempat package dan file java disini tempatnya buat coding java nya.
folder res atau resource adalah tempat mengatur layout atau tampilan, sumber gambar atau suara.
AndroidManifest.xml tempat mengatur aplikasi permmission.
dan untuk folder lain:
folder gen adalah generate java file, didalam nya ada file R.java dan sangat tidak dianjurkan untuk merubahnya.
Android 2.3.3 , ini tergantuk dari build target yang kita pilih di awal tadi, isinya class-class dari android.

Oke sekian dulu untuk posting kali ini, shared 2 akan dilanjutkan di postingan berikutnya.

wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Android Shared 4 : Design Layout Android dan Background

Assallamu'alaikum wr wb Men- design layout untuk aplikasi berbasis mobile sedikit berbeda dengan aplikasi berbasis desktop . Di aplikasi desktop kita lebih leluasa dalam menempatkan objek-objek nya sedangkan untuk membuat aplikasi berbasis mobile kita sedikit terbatasi. Tapi itu tidak jadi masalah karena memang demikian adanya .  Meneruskan share sebelumnya, disini kita akan membahas lebih mendalam tentang bagaimana menyusun objek, mengatur properti dan kita akan mencoba menambahkan background . Langsung saja pada main.xml layout, kita pilih code nya, maka aka ada tampilan seperti dibawah: Kita bahas satu persatu. Pada panah merah ( LinearLayout ) itu merupakan code untuk alas atau dasar atau istilahnya canvas tempat kita mau melukis. Untuk tipe/model dari kanvas ini anda bisa melihat pada main.xml layout pilih Graphical Layout seperti  ditunjukkan kotak merah  pada gambar dibawah  :

Android Shared 3 : Memulai Belajar XML Untuk Membuat Layout

Assalamu'alaikum wr wb Pagi-pagi semangat ngeblog lagi menggebu-gebu , padahal semalem sempet agak panas dingin nie badan, dengan ditemani secangkir saya akan meneruskan post Android shared berikutnya. Eh lagi asik-asiknya si ayang tlp , jadi kepending deh nge-blognya sampak siang . Anyway langsung aja lah dari pada jadi bahan gosipan . Melanjutkan Shared 2 , disini saya akan membahas tentang XML untuk membuat tampilan dari aplikasi andorid . Sebagai salah satu OOP , android juga memiliki objek-objek seperti kebanyakan OOP . Sebagai contoh, ini objek yang ada di p allete form widget di eclipse . Dari banyaknya objek-objek di atas, yang umum sering di gunakan yaitu : TextView digunakan untuk membuat label / tulisan Button digunakan sebagai tombol untuk mengeksekusi perintah CheckBox digunakan untuk suatu pilihan/lebih dari 1 option, yang mana pilihan tersebut bisa dipilih lebih dari 1 atau dipilih semua pada 1 Question. RadioButton hampir mirip dengan

Mencari Bilangan Prima dengan C++

Assallamu'alaikum wr wb Dalam matematika, bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari 1, yang faktor pembaginya adalah 1 dan bilangan itu sendiri. 2 dan 3 adalah bilangan prima. 4 bukan bilangan prima karena 4 bisa dibagi 2. Sepuluh bilangan prima yang pertama adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23 dan 29.Jika suatu bilangan yang lebih besar dari satu bukan bilangan prima, maka bilangan itu disebut bilangan komposit. Cara paling sederhana untuk menentukan bilangan prima yang lebih kecil dari bilangan tertentu adalah dengan menggunakan saringan Eratosthenes ( wikipedia ). Disini saya akan berbagi untuk menghitung / menampilkan bilangan primatanpa menggunakan saringan Eratosthenes tapi berdasarkan dari inputan awal dan inputan akhir. Maksudnya kita menentukan batas awal dan akhir dari suatu bilangan, dan outputnya bilangan prima di antara batas-batas tersebut. Berikut source code Mencari Bilangan Prima dengan C++ nya :