Langsung ke konten utama

Android Shared 1 : menginstal eclipse dan SDK android

Assallamu'alaikum wr wb.

Sebelum memulai membuat aplikasi untuk android kita harus menginstal tool-tool nya dahulu. Ok kita langsung mulai aja, ini tool-tool yang diperlukan( yang saya gunakan ):

1.  Eclipse, (saya menggunakan eclipse pulsar, banyak juga yang menggunakan eclipse classic galileo atau eclipse classic helios atau eclipse IDE java for Developer yang kapasitas filenya lebih kecil) download disini. Selanjutnya tinggal extrak file eclipse anda, umumnya di C: ( jadi folder akhir C:/eclipse).

2.  Android SDK, download disini, pilih platform yang anda pakai(windows atau mac OS X atau linux) saya menggunakan windows dan pilih typefile nya .zip atau .exe, untuk .zip extrak di C: ( jadi folder akhir C:/android-SDK-windows). Buka android manager ( lokasi  C:/android-SDK-windows/SDK Manager.exe )  kalo udah terbuka maka otomatis akan mencari source sendiri untuk didownload, yang pasti kalo komputer tidak terkoneksi internet atau internet nya abal-abal akan kesulitan untuk download dikarenakan file yang otomatis terdownload berkisar 80MB dan ada banyak. Solusi yang saya gunakan yaitu dengan mendownload di warnet yang koneksinya cepat dengan cara sbb:


platform
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-1.1_r1-windows.zip untuk android 1.1
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-1.5_r04-windows.zip untuk android 1.5
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-1.6_r03-windows.zip untuk android 1.6
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.0_r01-windows.zip untuk android 2.0
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.0.1_r01-windows.zip untuk android 2.0.1
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.1_r02-windows.zip untuk android 2.1
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.2_r02-windows.zip untuk android 2.2
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.3.1_r02-linux.zip untuk android 2.3.1
http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-3.0_r01-linux.zip untuk android 3.0

Sample
http://dl-ssl.google.com/android/repository/samples-2.1_r01-linux.zip untuk android 2.1
http://dl-ssl.google.com/android/repository/samples-2.2_r01-linux.zip untuk android 2.2
http://dl-ssl.google.com/android/repository/samples-2.3_r01-linux.zip untuk android 2.3
http://dl-ssl.google.com/android/repository/samples-2.3.3_r01-linux.zip untuk android 2.3.3
http://dl-ssl.google.com/android/repository/samples-3.0_r01-linux.zip untuk android 3.0
http://dl-ssl.google.com/android/repository/samples-2.1_r01-linux.zip untuk android 1.1

Platform tool
http://dl-ssl.google.com/android/repository/platform-tools_r03-windows.zip

Tool
http://dl-ssl.google.com/android/repository/tools_r10-windows.zip

Docs
http://dl-ssl.google.com/android/repository/docs-3.0_r01-linux.zip

Extrak platform di folder platfroms (lokasi C:/android-SDK-windows/platforms)
Extrak sample di folder samples (lokasi C:/android-SDK-windows/samples)
Extrak platform tool di folder platform tool (lokasi C:/android-SDK-windows/ platform-tools)
Extrak tool di folder tool (lokasi C:/android-SDK-windows/tools)
Extrak docs di folder docs (lokasi C:/android-SDK-windows/docs) 
Ctt: jika folder di atas tidak ada buat sendiri, dengan syarat nama nya jangan salah

3.  ADT plugin for eclipse, untuk mengistalnya langsung lewat eclipse. Jadi buka program eclipse yang sudah didownload dan sudah diextrak, (lokasi C:/eclipse/eclipse.exe).  jika kita baru pertama membuka eclipse akan tampil form Workspace Launcher,  fungsinya untuk meletakkan dimana project kita kan disimpan. pilih lokasi kerja anda dengan menge-click browse, selajutnya ok. Jika eclipse sudah terbuka pilih Help->Install new software. Selanjutnya tampil form untuk instalasi. Di kolom work with ketik : https://dl.ssl.google.com/android/eclipse/. pastikan komputer koneksi dengan internet. Jika di grid Name muncul developer Tools klik tombol Select All selanjutnya klik tombol Next. Tunggu proses..... (direkomendasikan jangan menggunakan internet yang abal-abal seperti punya saya). Setelah proses nya selesai dan di label detail tidak ada peringatan error lanjutkan klik tombol Next. Selanjutnya tampil halaman kesepakatan pilih I accept .....  dan terakhir klik tombol Finish. Tunggu proses Instalasi nya....... jika dalam instalasi muncul pringatan klik tombo OK aja, kalo udah selesai klik Restart Now.

Selanjutnya kembali ke eclipse nya pilih Windows->Preferences setelah muncul form Preference klik Android sebelah kiri ( jangan di Expand atau jangan di klik tombol segitiganya ), selanjutnya di bagian kanan pilih SDK lokasi dengan klik Browse (lokasi C:/android-SDK-windows). Jika di list dibawahnya muncul macam-macam Android langsung klik Apply dan OK.

Langkah terakhir pilih Windows->Android SDK and AVD Manager maka akan tampil form baru lalu pilih tombol New. Selajutnya isi data sbb:
Name (isi dengan nama bebas, contoh : Android2.2)
Target (pilih tipe android yang akan digunakan, contoh : saya pilih Android 2.2)
SD Card (isi kapasitas memori, contoh : saya isi 100)
Selanjutnya klik Create AVD, close form Android SDK and AVD Manager.

Akhirnya selesai juga Shared kali ini, di Shared selanjutnya kita akan memulai membuat aplikasinya,ok!! Smoga bermanfaat
wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Android Shared 3 : Memulai Belajar XML Untuk Membuat Layout

Assalamu'alaikum wr wb Pagi-pagi semangat ngeblog lagi menggebu-gebu , padahal semalem sempet agak panas dingin nie badan, dengan ditemani secangkir saya akan meneruskan post Android shared berikutnya. Eh lagi asik-asiknya si ayang tlp , jadi kepending deh nge-blognya sampak siang . Anyway langsung aja lah dari pada jadi bahan gosipan . Melanjutkan Shared 2 , disini saya akan membahas tentang XML untuk membuat tampilan dari aplikasi andorid . Sebagai salah satu OOP , android juga memiliki objek-objek seperti kebanyakan OOP . Sebagai contoh, ini objek yang ada di p allete form widget di eclipse . Dari banyaknya objek-objek di atas, yang umum sering di gunakan yaitu : TextView digunakan untuk membuat label / tulisan Button digunakan sebagai tombol untuk mengeksekusi perintah CheckBox digunakan untuk suatu pilihan/lebih dari 1 option, yang mana pilihan tersebut bisa dipilih lebih dari 1 atau dipilih semua pada 1 Question. RadioButton hampir mirip dengan

Storyboard

What is the Story board? Storyboard is a column of text, audio and visualization with information about the content and visuals that are used for the production of a course. Storyboard can be different degrees as there are various stages that must be passed to the purpose of making the story board. Storyboard is a concept of communication and creative expression, techniques and media to convey messages and ideas visually, including audio by processing a form of graphic design elements and images, fonts and colors, and layout, so the message and ideas can be accepted by the target. Storyboard is also not limited to making the ad only because the production of games, multimedia cd and elearningpun using story board. What should be considered in writing the storyboard?

EASY MONEY | STAR-CLICKS PTC

Star-Clicks is a PTC (paid-to-click) site managed by Easy Logic. It has been operating since 2008. They partner with companies or individuals who want to increase their site’s online traffic. This site allows you to earn cash by viewing ads for a small reward which is USD 0.01 per ad. Once you become a member, you can start earning simply by viewing ads. The good thing about this site is there are no pop-up ads nor solving captchas. All you need to do is to click an ad and wait for it to load in a new tab. When it is done, your earnings will be credited to your account immediately. It is pretty simple. Unlike other PTC sites, Star-Clicks main earning is viewing ads. Other PTC sites do surveys, games, and more. You can also earn through their ( referral ) system as all PTC sites do. You share your referral link and once someone signs-up under your link, you earn a certain amount. Star-Clicks uses 3 payment methods. PayPal, direct bank and you may also convert your earnings to Bitco