Tuesday, April 12

Android Shared 3 : Memulai Belajar XML Untuk Membuat Layout

Assalamu'alaikum wr wb

Pagi-pagi semangat ngeblog lagi menggebu-gebu , padahal semalem sempet agak panas dingin nie badan, dengan ditemani secangkir saya akan meneruskan post Android shared berikutnya. Eh lagi asik-asiknya si ayang tlp , jadi kepending deh nge-blognya sampak siang . Anyway langsung aja lah dari pada jadi bahan gosipan . Melanjutkan Shared 2, disini saya akan membahas tentang XML untuk membuat tampilan dari aplikasi andorid. Sebagai salah satu OOP, android juga memiliki objek-objek seperti kebanyakan OOP. Sebagai contoh, ini objek yang ada di pallete form widget di eclipse.


Dari banyaknya objek-objek di atas, yang umum sering di gunakan yaitu :
TextView digunakan untuk membuat label / tulisan
Button digunakan sebagai tombol untuk mengeksekusi perintah
CheckBox digunakan untuk suatu pilihan/lebih dari 1 option, yang mana pilihan tersebut bisa dipilih lebih dari 1 atau dipilih semua pada 1 Question.
RadioButton hampir mirip dengan CheckBox, tetapi RadioButton hanya bisa memilih 1 walaupun pilihannya ada banyak pada 1 Question.
EditText digunakan untuk media inputan, baik berupa huruf atau angka.

Setiap objek dalam OOP pasti mempunyai Properties, begitu juga dengan ini. Di eclipse tampilan propertiesnya seperti :




Jika belum ada bisa di tampilkan dengan klik Windows->Show view->Other

selanjutnya akan tampil

dan pilih properties lalu klik OK.

Jika kita membuat objek dengan drag n drop ( lewat jendela graphical layout ) maka secara otomatis properties yang terbentuk adalah
text, adalah value atau kata yang akan ditampilkan dilayar
id, adalah nama dari objek
layout_width, adalah tata letak objek berdasarkan lebarnya
layout_height, adalah tata letak objek berdasarkan tingginya.

Contoh : sekarang kita buat objek textview, edittext, button ( lewat jendela graphical layout ) propertiesnya kita biarkan default, dan buka jendela XML maka tanpilannya seperti :

dikotak yang berwarna merah itulah code xml dari ke-3 objek yang kita buat tadi. Tapi jika kita ingin langsung lewat jendela xml nya anda bisa mulai ketik tanda < ( panah merah gambar bawah ) dan tekan Ctrl+Space pada keyboard, maka tampil seperti gambar :

anda bisa memilih objeknya dengan scroll kebawah ( panah biru ). Tetapi jika sudah hafal nama objeknya langsung ditulis setelah tanda <, misal : <Button , lalu tekan Ctrl + Space. ctt: (eclipse termasuk case sensitive dan huruf besar kecil di perhatikan, untuk objek diawali huruf besar ). dan klik objek yang akan anda buat. selanjutnya tekan Enter. Lalu anda bisa tekan Ctrl+Space lagi maka akan mucul  jendela seperti :


Anda tinggal pilih properti mana yang akan dibuat, tulisannya diawali kata android : . Yang pasti properties default seperti text, layout_width dan layout_height dipilih smua. misal saya memilih android:layout_width lalu saya pilih (di klik atau di enter), setelah itu tekan tombol = di keyboard maka akan muncul otomatis pilihan seperti gambar :


dan pilih salah satunya. Setelah properties-properties yang akan anda rubah sudah semua(min text, layout_width dan layout_height) maka tutup kode dengan dengan simbol />.
Sekian dulu share kali ini, di shared berikutnya akan kita bahas lebih mendalam.

wassalam

2 comments:

  1. kalau untuk mengatur tata letak gimana ya gan??

    ReplyDelete
  2. makasih banyak tutorialnya gan, jelas banget, sangat membantu

    ReplyDelete

Komen ya :D