Langsung ke konten utama

Pengenalan Web

WORLD WIDE WEB (WWW)

Biasa disebut dengan Web saja. WWW  merupakan layanan Internet yang memungkinkan pengaksesan dan pengolahan informasi melalui pendekatan hypertext. WWW menggunakan protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transport Protocol) yang berjalan pada TCP/IP. Dapat mengakses berbagai protokol lain di Internet seperti ftp, e-mail, dll.  Dokumen web ditulis dalam format HTML (HyperText Markup Language) yang diletakkan dalam web server dan diakses oleh client melalui browser.

ISTILAH-ISTILAH PADA WEB 
  • Halaman web (web page) adalah halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi-informasi yang terdapat di web. 
  • Situs web (web site) adalah sekumpulan halaman web milik seseorang, perusahaan atau instansi yang dikumpulkan dan diletakkan dalam web server.
  • Homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Hyperlink atau Link adalah penghubung antar halaman web.
  • URL (Uniform Resource Locator) adalah alamat suatu dokumen atau situs web yang bersifat unik dan khas, contoh : http://www.ilmukomputer.com , http://www.facebook.com

APLIKASI WEB



Aplikasi web adalah sejumlah script dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML. Aplikasi Web dapat dibagi menjadi :
  • Web Statis
Dibentuk dengan menggunakan HTML saja. Kekurangan aplikasi ini terletak pada keharusan untuk memelihara program secara terus-menerus untuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi. Ini gambaran umumnya:
  • Web Dinamis
Web dinamis tidak hanya dibentuk dengan menggunakan HTML saja tetapi menggunakan perangkat lunak tambahan (middleware). Perubahan informasi dalam halaman-halaman web dapat ditangani melalui perubahan data, bukan melalui perubahan program. Ini gambaran umumnya:

Dari sisi teknologi yang digunakan untuk membentuk Web dinamis, terdapat dua macam pengelompokkan, yaitu :
Teknologi Web Pada Sisi Client (Client-Side Technology)
  • Diimplementasikan dengan mengirimkan kode perluasan HTML atau program tersendiri dan HTML ke client. 
  • Client yang bertanggung jawab dalam melakukan proses terhadap seluruh kode yang diterima.
  • Kelebihannya adalah memungkinkan penampilan yang bersifat dinamis.
  • Kelemahannya adalah terdapat kemungkinan bahwa browser pada client tidak mendukung fitur kode perluasan HTML.
  • Yang termasuk dalam teknologi web pada sisi klien adalah : Control ActiveX, JavaScript, Java Applet, VBScript.
Teknologi Web Pada Sisi Server (Server-Side Technology)
  • Teknologi Web pada sisi server memungkinkan pemrosesan kode di dalam server, kemudian server mengirimkan hasilnya pada client dan client hanya menampilkan isinya.
  • Keuntungan menggunakan teknologi Web pada sisi server adalah :
                          Tingkat keamanan tinggi.
                          Mencegah masalah ketidakkompatibelan browser.
                          Dapat mengakses database.
                          Membuat tampilan web menjadi interaktif.
                          Mencegah client mengetahui rahasia kode
  • Kelemahan pendekatan ini adalah beban kerja server menjadi lebih berat sehingga memerlukan hardware dan sistem operasi yang yang powerful.
  • Contoh teknologi Web yang berjalan di server adalah :
                         Common Gateway Interafce (CGI)
                         Active Server Pages (ASP)
                         Java Servlet
                         Java Server Page (JSP)
                         PHP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Android Shared 4 : Design Layout Android dan Background

Assallamu'alaikum wr wb Men- design layout untuk aplikasi berbasis mobile sedikit berbeda dengan aplikasi berbasis desktop . Di aplikasi desktop kita lebih leluasa dalam menempatkan objek-objek nya sedangkan untuk membuat aplikasi berbasis mobile kita sedikit terbatasi. Tapi itu tidak jadi masalah karena memang demikian adanya .  Meneruskan share sebelumnya, disini kita akan membahas lebih mendalam tentang bagaimana menyusun objek, mengatur properti dan kita akan mencoba menambahkan background . Langsung saja pada main.xml layout, kita pilih code nya, maka aka ada tampilan seperti dibawah: Kita bahas satu persatu. Pada panah merah ( LinearLayout ) itu merupakan code untuk alas atau dasar atau istilahnya canvas tempat kita mau melukis. Untuk tipe/model dari kanvas ini anda bisa melihat pada main.xml layout pilih Graphical Layout seperti  ditunjukkan kotak merah  pada gambar dibawah  :

Android Shared 3 : Memulai Belajar XML Untuk Membuat Layout

Assalamu'alaikum wr wb Pagi-pagi semangat ngeblog lagi menggebu-gebu , padahal semalem sempet agak panas dingin nie badan, dengan ditemani secangkir saya akan meneruskan post Android shared berikutnya. Eh lagi asik-asiknya si ayang tlp , jadi kepending deh nge-blognya sampak siang . Anyway langsung aja lah dari pada jadi bahan gosipan . Melanjutkan Shared 2 , disini saya akan membahas tentang XML untuk membuat tampilan dari aplikasi andorid . Sebagai salah satu OOP , android juga memiliki objek-objek seperti kebanyakan OOP . Sebagai contoh, ini objek yang ada di p allete form widget di eclipse . Dari banyaknya objek-objek di atas, yang umum sering di gunakan yaitu : TextView digunakan untuk membuat label / tulisan Button digunakan sebagai tombol untuk mengeksekusi perintah CheckBox digunakan untuk suatu pilihan/lebih dari 1 option, yang mana pilihan tersebut bisa dipilih lebih dari 1 atau dipilih semua pada 1 Question. RadioButton hampir mirip dengan

Mencari Bilangan Prima dengan C++

Assallamu'alaikum wr wb Dalam matematika, bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari 1, yang faktor pembaginya adalah 1 dan bilangan itu sendiri. 2 dan 3 adalah bilangan prima. 4 bukan bilangan prima karena 4 bisa dibagi 2. Sepuluh bilangan prima yang pertama adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23 dan 29.Jika suatu bilangan yang lebih besar dari satu bukan bilangan prima, maka bilangan itu disebut bilangan komposit. Cara paling sederhana untuk menentukan bilangan prima yang lebih kecil dari bilangan tertentu adalah dengan menggunakan saringan Eratosthenes ( wikipedia ). Disini saya akan berbagi untuk menghitung / menampilkan bilangan primatanpa menggunakan saringan Eratosthenes tapi berdasarkan dari inputan awal dan inputan akhir. Maksudnya kita menentukan batas awal dan akhir dari suatu bilangan, dan outputnya bilangan prima di antara batas-batas tersebut. Berikut source code Mencari Bilangan Prima dengan C++ nya :