Langsung ke konten utama

J2ME Shared 2 : Menghitung Nilai Akhir dan Huruf Mutu

Assallamu'alaikum wr wb

Sudah lama tidak update postingan j2me, akhirnya kali ini bisa terlaksana juga . Mumpung lagi musim-musim ujian, di share kali ini kita akan belajar menghitung nilai akhir dan huruf mutu. Yang mana huruf mutu yang saya buat cuma dari  A sampai D saja, jika mau menambahkan silahkan saja. ok langsung saja kita mulai, cekidot.....

Buka aplikasi netbean anda, jika belum belum punya silahkan download disitus resminya disini. Selanjutnya klik File>New Project maka akan tampil seperti gambar dibawah :


pada Categories pilih Java ME dan pada Project pilih Mobile Application. setelah terpilih klik Next maka akan ada tampilan seperti gambar dibawah :


Pada project Name isi seperti gambar diatas, dan Project Location anda pilih sendiri lokasi penyimpanan project anda dengan klik browse... Dan hapus check dari Create Hello MIDlet. Selanjutnya klik Next maka akan tampil platform selection seperti gambar dibawah :


Rubah sesuai keinginan anda dan akhiri dengan klik finish. Selanjutnya di jendela Projects( sebelah kiri atas ) kita akan membuat package dengan cara klik kanan pada Source Package>New>Java Package seperti pada gambar dibawah :


Maka akan tampil jendela name and location untuk package yang kita buat ini,


Isi Package Name seperti gambar diatas lalu klik finish. Selanjutnya pada package tadi kita klik kanan>New>Visual MIDlet seperti gambar dibawah :


dan isi MIDlet Name seperti gambar diatas maka secara otomatis MIDP class Name akan sama. Dan pada label Package pastikan sesuai dengan nama Package yang sudah kita buat diatas. selanjutnya klik Finish.


Selanjutnya kita beralih ke jendela desain dan code yang ada ditengah. Pilih Flow View, selanjutnya di area kerjanya klik kanan>New/Add>Form.


atau bisa juga pada jendela pallete yang ada di kanan atas


Setelah form sudah dibuat kita akan membuat OkCommand (sebagai tombol proses) dan ExitCommand (untuk keluar aplikasi) dalam Form tersebut dengan cara klik kanan pada Form>New/Add>Okcommand/ExitCommand


Jika OkCommand dan ExitCommand sudah kita buat seperti gambar diatas selanjutnya kita hubungkan Mobile Device dengan form. klik dan drag started pada Mobile Device ke Form, dan drag ExitCommond pada Form ke Mobile Device. Sehingga akan terbentuk garis seperti gambar dibawah :


Selanjutnya kita beralih ke Screen View, pada Form kita klik kanan dan add TextField sebanyak 6 kali


Kalau sudah dibuat, selanjutnya klik kanan pada TextField yang sudah kita buat tadi pilih properti


makan akan tampil jendela seperti dibawah :


Selanjutnya ubah Input Constraints dan label untuk masing-masing TextField sebagai berikut :
TExtFiled   >>Input Constraints = Decimal, label=Quiz
TExtFiled1 >>Input Constraints = Decimal, label=Tugas
TExtFiled2 >>Input Constraints = Decimal, label=UTS
TExtFiled3 >>Input Constraints = Decimal, label=UAS
TExtFiled4 >>Input Constraints = Decimal dan uneditable, label=Nilai Akhir
TExtFiled5 >>Input Constraints = Any dan uneditable, label=Huruf Mutu.

Jika sudah selesai selanjutnya kita kembali ke Flow View. Klik kanan OkCommand>go to source. Dan ketik Source code nya sebagai berikut :




Pastikan seluruh code yang ada di dalam kotak merah tertulis semua dan pastikan juga code yang ditulis berada dibawah kotak biru. Selanjutnya Save dan Run dengan mengeklik segitiga hijau atau bisa juga dengan klik run>run main project pada menubar. Maka tampilan akhirnya akan seperti ini.


Nah sekian dulu share tentang membuat aplikasi menghitung nilai akhir dan huruf mutu ini. Semoga ada manfaatnya, amin...... Oiya kalau pengen menginstal aplikasi yang kita buat ini di HP anda, kita buka direktori lokasi penyimpanan project kita tadi, dan buka folder dist, didalamnya ada file ber ekstensi *.jar. Selanjutnya tinggal instal aja

wassalam

Komentar

  1. seandainya itu diganti stringItem bisa g? jadi stringItem bernilai 10misalkan.

    BalasHapus
  2. wah mantap mas makasih ya atas tutornya


    lagi belajar j2me nih :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Komen ya :D

Postingan populer dari blog ini

Android Shared 4 : Design Layout Android dan Background

Assallamu'alaikum wr wb Men- design layout untuk aplikasi berbasis mobile sedikit berbeda dengan aplikasi berbasis desktop . Di aplikasi desktop kita lebih leluasa dalam menempatkan objek-objek nya sedangkan untuk membuat aplikasi berbasis mobile kita sedikit terbatasi. Tapi itu tidak jadi masalah karena memang demikian adanya .  Meneruskan share sebelumnya, disini kita akan membahas lebih mendalam tentang bagaimana menyusun objek, mengatur properti dan kita akan mencoba menambahkan background . Langsung saja pada main.xml layout, kita pilih code nya, maka aka ada tampilan seperti dibawah: Kita bahas satu persatu. Pada panah merah ( LinearLayout ) itu merupakan code untuk alas atau dasar atau istilahnya canvas tempat kita mau melukis. Untuk tipe/model dari kanvas ini anda bisa melihat pada main.xml layout pilih Graphical Layout seperti  ditunjukkan kotak merah  pada gambar dibawah  :

Android Shared 3 : Memulai Belajar XML Untuk Membuat Layout

Assalamu'alaikum wr wb Pagi-pagi semangat ngeblog lagi menggebu-gebu , padahal semalem sempet agak panas dingin nie badan, dengan ditemani secangkir saya akan meneruskan post Android shared berikutnya. Eh lagi asik-asiknya si ayang tlp , jadi kepending deh nge-blognya sampak siang . Anyway langsung aja lah dari pada jadi bahan gosipan . Melanjutkan Shared 2 , disini saya akan membahas tentang XML untuk membuat tampilan dari aplikasi andorid . Sebagai salah satu OOP , android juga memiliki objek-objek seperti kebanyakan OOP . Sebagai contoh, ini objek yang ada di p allete form widget di eclipse . Dari banyaknya objek-objek di atas, yang umum sering di gunakan yaitu : TextView digunakan untuk membuat label / tulisan Button digunakan sebagai tombol untuk mengeksekusi perintah CheckBox digunakan untuk suatu pilihan/lebih dari 1 option, yang mana pilihan tersebut bisa dipilih lebih dari 1 atau dipilih semua pada 1 Question. RadioButton hampir mirip dengan...

Mencari Bilangan Prima dengan C++

Assallamu'alaikum wr wb Dalam matematika, bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari 1, yang faktor pembaginya adalah 1 dan bilangan itu sendiri. 2 dan 3 adalah bilangan prima. 4 bukan bilangan prima karena 4 bisa dibagi 2. Sepuluh bilangan prima yang pertama adalah 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23 dan 29.Jika suatu bilangan yang lebih besar dari satu bukan bilangan prima, maka bilangan itu disebut bilangan komposit. Cara paling sederhana untuk menentukan bilangan prima yang lebih kecil dari bilangan tertentu adalah dengan menggunakan saringan Eratosthenes ( wikipedia ). Disini saya akan berbagi untuk menghitung / menampilkan bilangan primatanpa menggunakan saringan Eratosthenes tapi berdasarkan dari inputan awal dan inputan akhir. Maksudnya kita menentukan batas awal dan akhir dari suatu bilangan, dan outputnya bilangan prima di antara batas-batas tersebut. Berikut source code Mencari Bilangan Prima dengan C++ nya :