Monday, May 9

PHP Shared 7 : percabangan Switch

Assallamu'alaikum wr wb

Walaupun cuaca lagi panas-panas gimana gitu, dan posisi otak tidak pada tempatnya (lebay mode on) saya akan melanjutkan share php ini. Di share sebelumnya kita sudah membahas percabangan untuk menghitung nilai akhir dan huruf mutu, dimana yang kita gunakan percabangan if. Di share kali ini, masih membahas tentang percabangan, tetapi yang akan kita gunakan adalah percabangan switch.

Banyak orang yang baru belajar pemrograman (termasuk saya), menanyakan kapan kita menggunakan percabangan switch atau percabangan if  ini?, Sebelum saya jawab ada baiknya kita mengerti perbedaan keduannya. Perbedaan if dan switch yang paling mencolok adalah dari nilai kondisinya. Switch mempunyai nilai pasti, contoh : satu,kamu,24,mobil. Sedangkan if bisa bernilai pasti atau tidak, contoh : <100 (bisa 1,2,3dst), >5(bisa 8,10,45 dst). Berdasarkan perbedaan tersebut dapat kita jawab pertanyaan yang masih mengiang-ngiang dibenak kita ini, jadi penggunaan if atau switch itu tergantung dari kasus nya, maksudnya adalah apakah kasus tersebut mempuyai nilai pasti untuk dijadikan kondisi atau tidak? kalau iya di anjurkan mengunakan switch karena akan lebih ringkas dalam peng-code-an dan kalau tidak kita gunakan percabangan if beserta keturunannya(if,if -elseif-else).



Untuk memberi contoh, disini kita akan membuat perhitungan konversi suhu. Dimana alur ceritanya, kita memasukan nilai celcius dan memilih konversi (reamur, fahrenheit atau kelvin) dan klik proses maka akan muncul hasil perhitungannya. Tanpa panjang lebar lagi kita mulai aja "perhitungan konversi suhu" ini.cekidot.....

Seperti biasa pastikan tool yang digunakan sudah terinstal dengan baik, jika belum lihat di share 1.
Disini kita akan membuat dua file php, kita masih mengunakan cara kuno, tapi gak apa-apa yang penting kita mengerti konsep dasar dulu. File pertama kita beri nama inputswitch.php dan file ke-2 kita beri nama output.php.

file 1, inputswitch.php

source code nya :


Keterangan : klik gambar untuk memperbesar gambar. Souce code input ini masih murni HTML, dan untuk langkah-langkah membuatnya sudah saya jelaskan di share 6.

tampilannya di jendela design:


file 2, outputswitch.php

source code nya :



Keterangan : klik gambar untuk memperbesar gambar. Souce code yang dikotak merah merupakan code php nya. Untuk kotak merah yang besar merupakan pendeklarasian dari variabel dan percabangan switch nya.

tampilannya di jendela design:

Setelah selesai dibuat semua, tinggal proses pemanggilan file. Pastikan file anda sudah disimpan di "appserv/www/folder kita" yang sudah kita instal di share 1. dan tampilan di browsernya sbb:
tampilan input :


tampilan output :


Nah sekian dulu share kali ini, kalau ada pertanyaan boleh anda kasih komentar OK. Insya allah di share berikutnya saya akan membahas tentang perulangan. sekian smoga ada manfaatnya, amin

wassalam

No comments:

Post a Comment

Komen ya :D