Langsung ke konten utama

Android Shared 4 : Design Layout Android dan Background

Assallamu'alaikum wr wb

Men-design layout untuk aplikasi berbasis mobile sedikit berbeda dengan aplikasi berbasis desktop. Di aplikasi desktop kita lebih leluasa dalam menempatkan objek-objek nya sedangkan untuk membuat aplikasi berbasis mobile kita sedikit terbatasi. Tapi itu tidak jadi masalah karena memang demikian adanya .  Meneruskan share sebelumnya, disini kita akan membahas lebih mendalam tentang bagaimana menyusun objek, mengatur properti dan kita akan mencoba menambahkan background. Langsung saja pada main.xml layout, kita pilih code nya, maka aka ada tampilan seperti dibawah:

Kita bahas satu persatu. Pada panah merah (LinearLayout) itu merupakan code untuk alas atau dasar atau istilahnya canvas tempat kita mau melukis. Untuk tipe/model dari kanvas ini anda bisa melihat pada main.xml layout pilih Graphical Layout seperti  ditunjukkan kotak merah  pada gambar dibawah  :

Untuk lebih jelasnya apa fungsinya anda bisa mencoba sendiri dengan mengganti pada main.xml code nya dengan nama yang tertera diatas. Selanjutnya class andorid:orientation pada gambar dibawah:

Pada gambar diatas yang ditunjuk panah merah adalah model dari class android:orientation, yang mana pilihannya ada vertical dan horizontal. Untuk menampilkan seperti diatas tekan Ctrl+spasi pada keyboard. Class ini digunakan untuk mengatur letak objek akan mendatar atau menurun. jika vertical seperti ini :

 dan jika horizotal

Selanjutnya kita akan membahas class android:layout_width dan android:layout_height.

Dikedua class diatas memilki properti yang sama yang nampak pada gambar dibawah :

Properti default yang digunakan adalah :
fill_parent(area objek untuk width akan penuh menyamping dan untuk height akan penuh kebawah).
wrap_parent(area objek menyesuaikan bentuk objek). Selanjutnya pada class andorid:text yang ditunjuk panah merah seperti gambar dibawah:

Mengapa android:text="@string/hallo" tetapi tampilan tulisannya pada graphical layout berbeda?, nah itulah fungsi dari string.xml pada folder values. Buka string.xml pada folder values:

Anda bisa menambahkan sendiri dengan klik "add" dan pilih tipe yang anda akan buat. Dan untuk pemanggilan di main.xml anda ketik "@tipenya/namanya". Contoh : anda akan mengisi item yang ada pada objek spiner(ComboBox pada aplikasi desktop), anda bisa mengunakan tipe StringArray lalu kasih nama pada kolom name. Selanjutnya klik kanan StringArray dan pilih add, seperti pada gambar dibawah :

Akan ada tampilan windows, pilih saja item lalu klik Ok. Dan tulis nama pada kolom value. begitu seterusnya tinggal anda mau menambah item berapa. Dan proses pemanggilan di main.xml menggunakan class android:entries. seperti pada gambar dibawah :
Sebenarnya dari tadi ngomongan class-class thu ngambilnya darimana sih . Tempatnya ada di paket explore seperti tampak pada gambar dibawah :


Selanjutnya kita akan menambah backgroud. Siapkan gambar ya kira-kira aja ukurannya sebesar tampilan layout. simpan di folder program anda di simpan (misal : C:/BelajarDasar/res/drawable-hdpi). gunakan huruf kecil dalam penamaannya. Kembali ke eclipse nya, gambar belum tampil di drawable-hdpi pada package explore, untuk menampilkanya pilih Project->Clean pada menubar, akan tampil windows klik Ok saja. Maka file gambar yang kita buat tadi akan masuk di drawable-hdpi.



Sabar, tinggal satu langkah lagi yang harus kita lakukan, yaitu kembali ke main.xml dan ketik code seperti pada kotak hijau gambar dibawah :


lalu save dan liat di graphical layoutnya


Oke sekian dulu share kali ini, akhirnya selesai juga, udah n ngantuk berat nie, . Semoga bermanfaat ya, amiin..

Wassalam

Komentar

  1. Ok gan...
    Mkasih bnyak ya...
    Ini membantu bgt... ^_^

    BalasHapus
  2. makasih om...mudah dipahami..
    tolong bahas java nya jg om. trims..

    BalasHapus
  3. saya ingin membuat panggilan random/ call random di aplikasi ini,... gimana caranya?...

    BalasHapus
  4. makasi banget mas, mudah dipahami kata"nya jadi seru belajar andronya hihihi ^_^

    BalasHapus
  5. sngat detail..

    ..makasi bnyak :)

    BalasHapus
  6. makasii banyaak..jdi lebih ngerti tntang android
    sukses gan! :)

    BalasHapus
  7. Terima kasih... :)
    semoga anda dikerkahi Allah

    BalasHapus
  8. Mau nanya, kalau mau buat setting referencesnya gimna yah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Komen ya :D

Postingan populer dari blog ini

Android Shared 3 : Memulai Belajar XML Untuk Membuat Layout

Assalamu'alaikum wr wb Pagi-pagi semangat ngeblog lagi menggebu-gebu , padahal semalem sempet agak panas dingin nie badan, dengan ditemani secangkir saya akan meneruskan post Android shared berikutnya. Eh lagi asik-asiknya si ayang tlp , jadi kepending deh nge-blognya sampak siang . Anyway langsung aja lah dari pada jadi bahan gosipan . Melanjutkan Shared 2 , disini saya akan membahas tentang XML untuk membuat tampilan dari aplikasi andorid . Sebagai salah satu OOP , android juga memiliki objek-objek seperti kebanyakan OOP . Sebagai contoh, ini objek yang ada di p allete form widget di eclipse . Dari banyaknya objek-objek di atas, yang umum sering di gunakan yaitu : TextView digunakan untuk membuat label / tulisan Button digunakan sebagai tombol untuk mengeksekusi perintah CheckBox digunakan untuk suatu pilihan/lebih dari 1 option, yang mana pilihan tersebut bisa dipilih lebih dari 1 atau dipilih semua pada 1 Question. RadioButton hampir mirip dengan

Storyboard

What is the Story board? Storyboard is a column of text, audio and visualization with information about the content and visuals that are used for the production of a course. Storyboard can be different degrees as there are various stages that must be passed to the purpose of making the story board. Storyboard is a concept of communication and creative expression, techniques and media to convey messages and ideas visually, including audio by processing a form of graphic design elements and images, fonts and colors, and layout, so the message and ideas can be accepted by the target. Storyboard is also not limited to making the ad only because the production of games, multimedia cd and elearningpun using story board. What should be considered in writing the storyboard?

EASY MONEY | STAR-CLICKS PTC

Star-Clicks is a PTC (paid-to-click) site managed by Easy Logic. It has been operating since 2008. They partner with companies or individuals who want to increase their site’s online traffic. This site allows you to earn cash by viewing ads for a small reward which is USD 0.01 per ad. Once you become a member, you can start earning simply by viewing ads. The good thing about this site is there are no pop-up ads nor solving captchas. All you need to do is to click an ad and wait for it to load in a new tab. When it is done, your earnings will be credited to your account immediately. It is pretty simple. Unlike other PTC sites, Star-Clicks main earning is viewing ads. Other PTC sites do surveys, games, and more. You can also earn through their ( referral ) system as all PTC sites do. You share your referral link and once someone signs-up under your link, you earn a certain amount. Star-Clicks uses 3 payment methods. PayPal, direct bank and you may also convert your earnings to Bitco